> > Apa itu Jaringan Komputer ?

Apa itu Jaringan Komputer ?

Posted on Minggu, 28 Oktober 2012 | No Comments

Apa anda tau arti sebuah jaringan pada komputer / laptop anda ?. Ringkas nya Jaringan adalah beberapa perangkat dan media jaringan yang terdiri dari 2 titik atau lebih yang saling terhubung yang bertujuan untuk bertukar informasi.
Sejarah dan latar belakang jaringan dimulai pada tahun 1940-an di Amerika, Para peneliti yang ingin memanfaatkan perangkat komputer secara bersama. lalu tahun 1950-an dibuat lah sebuah Super Computer  yang menggunakan sistem TSS (Time
Sharing System), sistem ini menghubungkan beberapa terminal secara seri ke sebuah Host Komputer,  lalu jaringan pun mulai meluas, di mulai dari Lan (Local Area Network), Man (Metropolitan Area Network), dan Wan (Wide Area Network) atau Internet.

Macam - macam Jaringan : 
Lan (Local Area Network)
Jaringan ini hanya mencakup satu gedung atau sekolah.  kabel Lan dan wifi.

Man (Metropolitan Area Network)
Jaringan ini mencakup antar Gedung atau PT, menggukan Wifi

Wan (Wide Area Network)
Jaringan ini mencakup antar Kota, benua, dan negara, menggunakan satelite.


Istilah - istilah dalam jaringan :

Peer to Peer
Peer to peer juga jaringan, tetapi tidak termasuk di dalam jenis - jenis jaringan (Tipe jaringan : Lan, Man, Wan), Peer to peer adalah terhubung nya hanya 2 komputer/atau laptop dengan menggunakan kabel jenis Cross.  dalam peer to peer setiap user bisa menjadi Server dan Client yang bersifat sementara.

Client Server
Adalah salah satu istilah yang umum di dalam Jaringan, yang menjadi Server bagaikan  seorang Raja, yang bisa berbuat apa saja dan tidak bisa di ganggu gugat dan memiliki hak akses semua client nya.


Topologi
Topologi adalah rangkaian jaringan yang terhubung antara host dan server melalui media jaringan.
Topologi terbagi menjadi 2 macam yaitu Logical (tidak bisa di lihat dan di raba), dan Physical (Bisa di lihat dan di raba).

Topologi Physical
- Bus
- Star
- Ring
- Line
- Heirarki
- Mesh
- Tree

Topologi logical
- Broadcast
- Token Phasing / Token Ring

Demikian pengertian, sejarah, istilah, dan macam - macam topologi jaringan yang baru saya pelajari, jadi jika ada kesalaha pengertian atau kekurangan, mohon di comment.




Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.